Ketahui 4 Faktor Penyebab Rambut Anda Lebih Kering

Situs Elektronik – Setiap orang memiliki masalah kesehatan rambut masing-masing, misalnya kering, berminyak, mudah patah, atau ketombe. Jika Anda memiliki rambut yang terlihat lebih kusam, mudah patah, kusut, dan tidak mudah diatur, maka kemungkinan Anda memang memiliki kondisi rambut kering. Selain memakai produk perawatan yang benar, ada baiknya Anda tahu cara atasi rambut kering berdasarkan faktor penyebabnya.  

cara atasi rambut kering

Faktor Penyebab Rambut Kering  

Rambut kering akan mudah patah dan rontok saat Anda sisir setiap hari. Penampilan harian Anda juga akan tampak lebih kusut sebab rambut yang terlihat kusam dan kehilangan kilau alaminya. Berikut beberapa faktor penyebab yang perlu Anda ketahui yaitu: 

1. Pertambahan usia  

Semakin seiring pertambahan usia, rambut Anda memang terlihat lebih kering, patah dan mudah rapuh akibat perubahan hormon menopause. Sebaiknya oleskan vitamin rambut secara rutin untuk mencegah penuaan rambut lebih awal, ya! 

2. Lingkungan yang panas 

Kondisi lingkungan dengan suhu panas bisa membuat rambut Anda lebih kering, apalagi lingkungan Indonesia yang memiliki cuaca tropis. Bila Anda harus melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, pakailah topi atau penutup kepala lainnya.  

3. Kondisi kesehatan 

Kemungkinan rambut Anda menjadi kering dan rusak karena kondisi kesehatan yang sangat mempengaruhi. Misalnya Anda mengalami gangguan makan, anemia, kekurangan gizi, gangguan hormon, pengaruh pemakaian obat-obatan tertentu, dan kondisi kesehatan lain. Konsultasikan dengan dokter Anda bila mengalami masalah serius pada kesehatan rambut bila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu. 

4. Salah pilih produk perawatan rambut  

Faktor yang paling sering menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan rusak karena salah pilih produk perawatan rambut baik sampo, kondisioner atau vitamin. Sebaiknya Anda tahu cara atasi rambut kering dengan pemilihan produk yang mengandung bahan rekomendasi untuk rambut kering. Jangan lupa untuk menghindari kebiasaan yang bisa sebabkan rambut lebih kering seperti keramas terlalu sering, mewarnai rambut dan penggunaan hair styling yang terlalu sering. 

Pertimbangkan cara atasi rambut kering dengan memakai produk perawatan yang benar, termasuk memakai vitamin rambut yang bisa mengembalikan kilau alami rambut. Bila Anda memiliki rambut kering, jangan keramas dengan air panas sebab bisa menghilangkan kelembaban alami rambut Anda.