Cara Membuat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran Bisnis

Situs Elektronik – Catatan pengeluaran dan pemasukan dalam setiap bisnis yang dijalankan akan berpengaruh pada perkembangan bisnis kamu. Itu sebabnya mengapa catatan ini sangat penting pada keberlanjutan bisnis. Biasanya catatan pengeluaran dan pemasukan masuk dalam pembukuan yang juga sering dilupakan oleh para pebisnis. Hal ini menjadi suatu kesalahan fatal, karena itu akan berdampak pada bisnis kamu di kemudian hari apabila kamu melupakan salah satu faktor terpenting dalam bisnis. Yang menjadi pokok pemikiran dalam pebisnis biasanya hanyalah pemasaran dan penjualan produk. Jika fokus utama hanya pada pemasaran dan penjualan produk, maka aspek lain akan tertinggal. Dan berikut ini adalah cara membuat catatan pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis :
 
catatan pengeluaran

 

1. Cara Membuat Catatan Pengeluaran 

Ketika kamu memulai untuk membuka usaha, baik itu buat toko online gratis atau usaha apa pun. Pasti memerlukan catatan keuangan, supaya bisnis menjadi lebih terkontrol. Jadi di awal alangkah lebih baiknya kamu membuat buku terpisah yang gunanya khusus untuk mencatat pengeluaran bisnismu saja. Segala macam pengeluaran, mulai dari gaji karyawan hingga pembelian bahan baku yang harus kamu catat dengan jelas. Dengan mencatat semua pengeluaran yang ada pada bisnis kamu, maka kamu akan mengetahui modal usaha yang telah kamu keluarkan. Dan setelah kamu mengetahui modal yang telah kamu keluarkan maka akan mempemudah kamu untuk menetapkan target kapan modal usaha yang kamu tanam itu akan kembali. 

2. Buat Catatan Pemasukan 

Setelah kamu memiliki bukukas untuk catatan pengeluaran bisnis, maka selanjutnya kamu juga perlu untuk menyiapkan buku kas pemasukan. Kegunaan dari buku kas pemasukan ini adalah untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan pemasukan bisnis kamu. Misalnya kamu berhasil menjual produk usaha kamu atau utang-piutang yang telah kamu bayarkan. Nah, pencatatan pemasukan ini juga harus dilakukan secara kontinu, jangan hanya melakukannya di awal pembukaan usaha atau hanya di pertengahan. Karena itu akan mempengaruhi kondisi keuangan bisnis kamu yang tidak terkontrol. Maka kamu harus melakukannya setiap hari, mulai dari hari pertama kamu membuka bisnis untuk mempermudah kamu dalam membuat pembukuan bulanan bisnis kamu. Dengan memiliki buku catatan pengeluaran dan pemasukan, maka kamu akan mengetahui jumlah keuntungan bisnis yang kamu peroleh setiap harinya. 

Sekarang kamu sudah paham kan betapa pentingnya catatan pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis yang kamu jalankan. Dan untuk mempermudah kamu, kini ada aplikasi Bukukas yang siap membantu mencatat semua pengeluaran dan pemasukan tanpa harus pusing menghitungnya. Jadi dengan teknologi yang semakin berkembang, kamu tidak perlu repot lagi menggunakan buku untuk mencatat keuangan bisnis kamu. Cukup dengan Bukukas, catatan keuangan harian digital yang bisa kamu pantau dan bawa kemanapun kamu berada.