Apa Saja Sih Kelemahan Dari Macbook Air M1? Ini Dia Yuk Kenali

Situs Elektronik – Apple selain terkenal dengan produk keluaran dari smartphone dan ipad juga terkenal sudah meluncurkan laptop yang canggih. Anda tentunya tahu bukan sepak terjang Apple ini sebagai sebuah perusahaan teknologi? Nah, laptop canggih yang dikeluarkan oleh Apple sendiri dinamakan macbook Air. Pada November 2020, apple memutuskan untuk mengganti prosessor intel yang selama ini menjadi otak dari laptopnya dengan prosesor ARM buatan mereka sendiri yakni M1. Oleh karena itulah laptop dari aplle saat ini dikenal dengan nama macbook Air M1.  

Apabila anda menginginkan laptop ini tentunya anda harus mengetahui dari segi spesifikasi, kelebihan dan kekurang dari laptop tersebut. Untuk spesifikasi dan kelebihan anda akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentangnya. Nah, kali ini kami akan membahas tentang kelemahan dari macbook air dengan prosesor m1 ini.  

Kelemahan macbook air m1 

Macbook Air M1

Bagaimanapun juga macbook air m1 mempunyai beberapa kelemahan yang harus anda perhatikan. Dengan mengatui kelemahan dari suatu produk tentunya hal tersebut mampu menjadi pertimbangan anda ketika memutuskan untuk membelinya. Nah, kelamahan dari macbook air ini diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Laptop tanpa dukungan windows boot camp 

Ketika apple merilis laptop ini, anda sama sekali tidak akan menemukan cara yang mudah untuk menjalankan wondows pada macbook ini. Untuk versi sebelumnya yang menggunakan prosesor intel, apple menggunakan software boot camp untuk menjalankan windows. Boot camp ini akan membuat partisi terpisah untuk di install OS Windows. Software ini juga membantu anda dalam menginstall driver windows untuk hardware Apple. Untuk saat ini dikarenakan macbook air sudah tidak menggunakan prosesor intel maka dukungan dari boot camp juga ditiadakan dan anda tidak dapat menginstall OS Windows. 

2. Laptop ini juga tidak support multiple external display 

Saat ini macbook air dengan versi M1 ini hanya menggunakan satu eksternel display hingga resolusi 6K pada refresh rate 60 Hz. Disini aritinya tidak ada dukungan multiple display secara native alias bawaan. Untuk beberapa pekerjaan kreatif seperti videographer ataupun animator yang butuh banyak monitor.  

3. Tidak bisa dipakai eGPU 

Laptop dari apple ini sekarang tidak support penggunaan dari eGPU. Disini kemampuan dari DPU pada macbook air sudah sangat baik akan tetapi hal ini tentunya tidak mencegah keinginan anda sebagai penggunanya untuk menggunakan GPU eksternal yang lebih powerfull. Macbook air ini meskipun hadir dengan port thunderbolt akan tetapi ketika anda mencolokan eGPU maka ia hanya sebatas mendeteksinya saja.  

4. Laptop ini tidak dapat menjalankan aplikasi windows secara native

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa laptop ini tidak mendukung boot camp untuk menginstall system operasi windows sehingga nada tidak dapat menginstall software yang diperuntukan untuk windows. Disini anda harus menggunakan aplikasi crossover. Akan tetapi karena crossover ini hanya berjalan pada macbook yang menggunakan prosesor intel maka anda harus menjalankan crossover melalui rosetta 2. Intinya anda harus menjalankan banyak cara dan hal tersebut tidak menjamin semua aplikasi windows dapat berjalan sebaik native. 

Itulah beberapa kelemahan dari macbook air m1. Akan tetapi meskipun mempunyai beberapa kelemahan tersebut, macbook ini tetap ungggul dengan semua kelebihan yang diberikan.  

Ketika anda memutuskan untuk membeli macbook air m1 ini anda dapat membeli di blibli.com yang sudah terbukti memberikan harga yang bersahabat dengan seler yang terpercaya.