Apa Itu Fintech? Kenali Definisi dan Jenis-jenisnya!

Situs Elektronik – Fintech merupakan singkatan dari financial technology, perusahaan yang berinovasi pada di jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern.  Fintech memudahkan semua orang untuk melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.  Kini fintech juga merambah dunia perasuransian, seperti asuransi fintech online yang berperan dalam memberikan solusi asuransi bisnis mulai dari usaha mikro, UMKM sampai dengan perusahaan yang tepat untuk mengelola risiko – risiko secara efektif. Untuk informasi lebih lanjut, berikut jenis-jenis fintech yang ada di Indonesia:

asuransi fintech online

1. Peer-to-Peer (P2P) lending. 

Fintech lending/Peer-to-Peer lending/pinjaman online adalah layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman berbasis teknologi informasi. Fintech lending juga disebut sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi (LPMUBTI).

2. Crowdfunding. 

Fintech crowdfunding adalah produk fintech yang berperan dalam memberikan solusi serta mengatasi kesulitan ekonomi dalam hal permodalan untuk mengembangkan usaha. Fintech crowdfunding memungkinkan jaringan orang untuk mengontrol pembuatan produk, media, dan ide baru, serta mengumpulkan dana untuk amal atau modal usaha.

3. Manajemen risiko dan investasi. 

Tipe yang satu ini berperan dalam membantu seseorang mengambil keputusan terkait dengan langkah finansial tertentu. Manajemen risiko dan investasi menyediakan layanan untuk segala perencanaan keuangan. Rencana ini seperti membeli saham, investasi, asuransi, dan rencana keuangan harian.

4. Microfinancing. 

Microfinancing menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membantu kehidupan dan keuangan mereka sehari-hari. Layanan ini memungkinkan mereka yang mengalami kesulitan untuk mengakses perbankan untuk  memperoleh modal usaha guna mengembangkan usaha atau pekerjaan utama mereka. Microfinancing berusaha menjembatani permasalahan tersebut dengan menyalurkan secara langsung modal usaha dari pemberi pinjaman kepada calon peminjam. 

5. Market comparison. 

Untuk jenis yang satu ini mengacu pada portal yang mengumpulkan beragam informasi terkait keuangan untuk disuguhkan pengguna. Anda dan pengguna lainnya dapat membandingkan macam-macam produk keuangan dari berbagai penyedia jasa keuangan. Fintech juga bisa berfungsi sebagai perencana finansial. Dengan bantuan fintech, Anda dapat mendapatkan beberapa pilihan investasi untuk kebutuhan di masa depan.

6. Digital payment system. 

Jenis fintech ini memberikan layanan berupa pembayaran semua tagihan, seperti kartu kredit dan pascabayar, kartu kredit atau token listrik PLN. tujuan utama jenis ini adalah untuk membantu masyarakat Indonesia (terutama yang tidak bisa menggunakan bank) membayar berbagai tagihan setiap bulannya. 

Semua aktivitas termasuk melakukan transaksi keuangan sudah serba online, persiapkan diri Anda, ya, untuk menghadapi segala kemajuan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 

Sumber:

https://www.wartaekonomi.co.id/read313590/apa-itu-fintech

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468

https://hot.liputan6.com/read/4550918/fintech-adalah-layanan-finansial-berbasis-teknologi-ketahui-jenisnya